Tuesday, 12 May 2015

DESAIN KARDUS



Pada mulanya dalam bisnis produk, yang dijual adalah produk itu sendiri.  Kini, dunia semakin berubah seiring bertambahnya pengetahuan baru, gaya hidup baru dan kebudayaan baru. Segi visual harus ikut dijamah dan dipikirkan secara seksama. Orang merasa senang jika melihat sesuatu yang indah dilihat barulah dicoba dan dirasakan. Maka hadirlah desain-desain kardus atau kemasan yang menarik mata sehingga memikat calon pembeli.

Apa saja yang bisa dikemas dalam sebuah kardus? Banyak sekali tentunya, mulai dari makanan seperti roti, kue, tart, pizza, makanan ringan, hingga seporsi nasi campur. Beberapa jenis pakaian juga dikemas dengan kardus untuk meningkatkan image dari pakaian tersebut. Peralatan rumah tangga hampir sebagian besar dikemas dengan menggunakan kardus.


Jenis bahan kertas yang dipakai untuk membuat kardus kemasan juga sangat beragam. Kita bisa jumpai mulai dari kertas jenis dupleks hingga kertas jenis corrugated untuk kemasan besar.
Desain kardus ini juga beragam disesuaikan dengan jenis produk yang diwadahi. Mulai dari desain yang sederhana hingga desain yang atraktif dan full colour. Warna yang dipakai rata-rata menggunakan satu warna dan tidak berupa warna blok. Meskipun demikian ada juga yang menggunakan separasi 2 – 5 warna hingga full color yang tentu saja harganya cenderung lebih mahal.

Selain pewarnaan, kita bisa melihat desain kardus dan karton box sering menggunakan teknik cutting sehingga isi dalamnya kelihatan. Ada yang dilapis plastik di dalamnya agar debu tidak masuk dan ada pula yang sengaja dibiarkan terbuka. Disamping itu teknik finishing berupa emboss dan de-emboss juga menjadi lirikan para pengusaha untuk nampang di kemasan produk mereka. Harga memang sedikit lebih mahal, namun after sales (kepuasan pelanggan) bisa naik 60 – 80 persen.

Penggunaan pita dan aksesoris lain seperti kertas kraft dan manik-manik tidak lagi menjadi hal yang penting untuk dimasukkan dalam desain kemasan kardus. Ini disebabkan karena pengalaman, bahwa tambahan tersebut selain menambah biaya produksi juga memakan waktu yang cukup banyak, menyita tenaga. Walhasil, desain kemasan kardus diminta untuk sebisa mungkin menarik tanpa ada desain tambahan.



Desain dituntut mampu menjalankan tugasnya, menarik, murah, mudah proses packing-nya, aman untuk distribusi dan tidak memakan tempat yang terlalu banyak.




No comments:

Post a Comment